Thursday, January 3, 2008

My mudik story-day 6-"Bo, gw mo ke laut dulu yah"

Senin, 15 okt


Di kota Ternate yang ga begitu luas ini, warganya punya cara sendiri dalam menyebut daerah mereka. Dimana pun lo berada, arah gunung itu namanya ‘dara’, which is mungkin maksutnya darat. Sementara ke arah laut di sebut ‘lao’. Misalnya sekarang gw lagi menghadap ke gunung, maka tempat di kanan gw akan di sebut ‘atas’, dan di kiri gw akan disebut ‘bawah’. Semua sebutan ini berlaku ga peduli berapa jarak tempat yang dituju.

Jadi klo ada yang bilang “Tong pi ka lao dulu ya” (saya pergi ke laut dulu ya) jangan langsung berasumsi klo dia mau mancing ato berenang di pantai, siapa tau cuma mo ke tetangga depan rumah, hihi

Btw selain itu, gw mempelajari beberapa kosakata baru. Yah....walopun cuma dikit sih.

Misalnya ”sudah penuh belum?” dalam bahasa ternate akan menjadi ”su ponong ka bolong?”

hehe....

No comments:

Post a Comment