Thursday, January 3, 2008

My mudik story-day 8–"Very peaceful place to live..."

Rabu, 17 okt

Pagi ini diawali dengan mengambil air wudhu di salah satu dari 3 kamar mandi di kapal ini, yaitu di kabin bawah alias lantai 1….. oh ternyata pagi ini kamar mandi tampak berbeda dari semalam. Ada apa gerangan? Ternyata ada kambing dan ayam” jago yg dengan antengnya berdiri di samping keran tempat wudhu..... ngapain yah si mr. Mbek n mr.Cocky di situ? Mungkin pemiliknya ga mau tidur di samping kambing jadi lah mreka di taro di sini.......yahaha

Oh, ternyata kapal sedang singgah di Pulau Bacan. Subhanallah......pemandangannya keren bgt! Pagi” yang dingin, minum teh anget sambil memanjakan mata.... kurang apa lagi coba. Gw dan kaka” gw yg narsis dan kamera-mania ini pun tidak menyia”kan kesempatan ini utk pergi ke anjungan utk berfoto dgn latar belakang sun-rise dan pegunungan. Beberapa hasil jepretan kami :

Setelah melanjutkan perjalanan, kapal juga melewati pulau” dgn perkampungan kecil di pinggir pantai. Bahkan ada juga loh penumpang yg turun! Jadi karena kampung” itu tidak punya dermaga, ni kapal cuma berhenti beberapa ratus meter dari pulau dan akan ada perahu kecil yg datang menjemput penumpang yg ingin turun.

Stelah itu kami juga mampir ke dermaga kota Raja dan kecamatan Madipolo (entah lah ni bener apa ngga ejaannya) bwat naekin n nurunin penumpang. Banyak juga penjual makanan dari daerah setempat yg menjajakan makanannya dari pinggir kapal.

Yang bikin gw prihatin, di sini orang dengan seenak udelnya buang sisa” makanannya ke laut. Sbagai contoh, di samping gw ada orang yg makan semacem lontong –tapi lain lagi bentuknya, yg jelas rasanya kaya lontong- dia buka kulitnya, lempar, trus tinggal lep (iklan mode on). Lempar ke mana? ya lempar ke laut....

Gw cuma bisa geleng” kepala n mengerutkan kening. Mo negur, rasanya gak enak. Soale gak cuma satu org yang ngelakuin kaya dia, tp BANYAK. Lo bayangin aja pelabuhan yang tadinya bersih damai sentosa setelah kapal ini datang jadi kotor dengan pernak-pernik mengapung sperti putung rokok, tissue, nyiur kelapa (bekas bungkus lontong), plastik kresek, nasi bungkus, tempat popmie (terkadang sama mie”nya juga), kulit pisang.....de-el-el masih banyak lagi. Sekali lagi, gw cuma bisa maki” dalem hati.

Btw, slama di tengah laut, ada banyak yg bisa diliat slaen pegunungan n air biru. Bokap smpet lyat beberapa ekor lumba”, n gw sndiri sering lyat ada ikan terbang yang melintas di samping kapal. Tadinya gw ragu, itu ikan apa burung. Tapi belakangan gw sadar, klo mikir itu adalah burung tuh konyol bgt. Secara tu makhluk bener” muncul dari air, terbang beberapa meter, trus nyemplung lagi ke air dan ga pernah kliatan lagi. salah juga klo lo mikir itu cuma ikan lagi lompat. Tu makhluk ukurannya kecil (segede ikan mas koki ukuran standar) tapi lompatnya bisa 10 meter dan pake acara berbelok” segala. Gak pernah lyat orang lompat sambil zigzag kan?

Trus knapa gw bilang itu ’ikan’ terbang? Soalnya lebih aneh lagi klo gw bilang itu kura-kura terbang, gurita terbang, apalagi sponge terbang......

Beberapa jam kemudian

Akhirnya nyampe jugaa...! untuk pertama kalinya seumur hidup gw, gw ktemu sama nenek n kakek dari nyokap. Juga beberapa om, tante, dan sepupu” yang baru pertama gw lyat. Dan ternyata gw uda punya keponakan loh.... hoho

Setelah berleha” dikit dan mengunjungi beberapa ex-tetangga nyokap, si dede dan bokap yang berjiwa petualang kembali mengajak gw dan kaka” gw tuk mencari pantai terdekat. Karena saat itu uda sore dan sinar matahari yang dapat menghitamkan kulit (halah) uda ga ada, kami ga keberatan. Dan memang, hanya berjalan sebentar ke belakang, kita ketemu lagi sama laut. Padahal waktu naek oto dari pelabuhan ke rumah tadi lumayan jauh loh.

Sementara lagi pada berenang, gw dan kaka gw iseng nyari batu” dari pecahan karang. Karena bentuknya yang unik kami jadi ga tahan bwat mungutin karang” tsb ke dalam kantong plastik dan membawanya pulang hehe...

Malam hari, kami sekeluarga kembali berjalan ke luar rumah untuk mengunjungi saudara” yang laen. Subhanallah, di luar langitnya cerah bgt! Bintangnya banyak uda kaya glitter. Gmn ngga, di sini udaranya bersih dan pasti gada polusi. FYI, dari pelabuhan gw naek oto sampe ke rumah, gw ngga melihat ada kendaraan beroda empat lain, dan ngeliat motor pun bisa diitung pake jari. Dan gw baru tau, ternyata di obi itu listrik cuma nyala sepanjang 12 jam, yaitu malam hari. Sementara mulai jam 6 pagi sampe 6 petang jangan berharap bisa nonton tipi...

Waktu perjalanan balik ke rumah, PET! Ehh....mati lampu. Gw, nyokap, kaka, n tante gw pun jalan beriringan sambil rangkul“an biar ga nyasar ato nabrak sana-sini. Sementara itu rombongan pria” termasuk dede an n bokap uda keluyuran ke mana tau. Untung langit di atas terang, jadi no probs lah ya...

No comments:

Post a Comment