Thursday, January 3, 2008

My mudik story-day 7- "a Watery Journey (Perjalanan Berair)"

Selasa, 16 okt

jam 9an, gw n keluarga pergi ke pasar bwat nyari makanan khas setempat. Nyokap beli macem” makanan ringan kayak ,keripik pedes manis, keripik pangsit bagea, makroni, n biskuit kenari... klo gatau bagea tuh kaya apa, bentuknya tuh kaya bola semi silinder (halah) n teksturnya keras jadi harus sdikit berjuang utk mengigitnya. Makroni, hmm gw bilang sih mirip ama goodtime (tau kan?) klo biskuit kenari bentuknya mirip roti tawar, tengahnya putih kekuningan, pinggirnya coklat gosong n lebih tebel. Tapi yg ini jauuuuuuhhh lebih keras daripada roti. Orang ternate kayanya suka yang keras” ya...

Ngomong” ada juga makanan yang kami beli karna tertarik ama bentuknya.... namanya kue angin. Bentuknya kaya bapau, tapi gada isinya alias plong. Tau darimana gw klo tuh kue ’plong’? soale pas gw angkat tu satu bungkus ringan bgt, kaya ngga bawa apa”....

ada juga kue yg mirip kubah mesjid tapi ngingetin gw ama icon nya RO.... pinky” gitu n rasanya muanisss bgt (musuhnya gigi nih).... n meskipun ngga lembek tapi lo ga perlu ngunyah tu kue, soalnya diemut bentar juga langsung lumer di mulut...

Abis itu kami mampir ke rumah sepupunya nyokap gw, ci Bun, numpang makan siang, makan pecel pisang n tidur sebentar hehe.......oya gw juga sempet mesen liontin kalung besi putih berbentuk nama ato huruf, yang mengharuskan gw n kaka gw mesen langsung ke rumah pembuatnya.

Tempatnya aga” serem loh... jd critanya, tadinya di depan rumah kluarganya ci Bun beberapa taun lalu tuh masih laut, tp klo sekarang, beberapa ratus meter di depan uda dibangun semacem bendungan bwat nahan aer laut, jadi deh di daerah depan rumah ci Bun dibangun rumah” penduduk.....jangan ngebayangin reklamasi pantai dulu, soale di situ ngga ditimbun tanah atau pasir atau apa, tapi dibiarkan membentuk kubangan tidak jelas yang mirip kolam ato empang penuh lumut.....

Di atasnya ada rumah” panggung yg terbuat dari kayu, begitu juga jalan kecil menuju rumah” tersebut dan juga lorong”nya terbuat dari potongan kayu panjang... gw smpet ngeri juga sih pas jalan di situ, goyang” n bunyi duk duk tiap kali gw injek. Rasanya mirip jalan diatas jembatan, tapi tanpa ada tali samping bwat pegangan, n bawahnya bukan laut ato sungai, melainkan ’cairan’ yang bikin lo males ngebayangin gimana jadinya klo kayunya ada yg patah n lo nyebur ke situ ....hii

Balik ke ’bawah’, kami ngga naik mobil om yg tadi nganterin kami ke sini, tapi nyetopin oto (angkot) kosong n minta abangnya anterin kami sampe rumah tante gw.... gw sampe surprise sendiri betapa mudahnya carter mobil di sini hehe.... mungkin karena di sini penumpang angkot masi jarang kali ya...

Tau ga sih, ternyata satu angkot tuh cuma muat utk 7 org, plus 3 org di bagian depan jadinya 10 org. Ini gara” posisi tempat duduknya yang ga menyamping tapi menghadap ke depan.... bandingin ama angkot di bekasi alias bekasi yg di belakang aja bisa muat ampe 4+6+2= 12 org....

Abis itu kami packing n siap” pergi ke Pulau Obi, tepatnya Laiwui, my mum’s birth place...

Jam stengah 8 berangkat ke pelabuhan, n gw baru tau klo ternyata yg pergi ga cuma kluarga gw doank, tapi juga kluarga tante” gw......wah rombongan deh pokoe. Pantes aja, kami ke sana gak naek mobil pribadi melainkan angkot carter-an (lagi)...huhuhu

Ngomong” sebelum itu gw sempet nyari informasi ke bokap ttg kapal macem apa yg bakal qta naekin nanti, dy cuma bilang ”kapalnya kecil loh....” atau ”kapalnya kapal kayu”. So dalam bayangan gw ya kaya gini bentuk kapalnya ...

hehehe adahal bokap juga bilang klo kapalnya muat utk kira 100 org, dan di dalemnya ada kamar juga...

Yang jelas setelah gw lyat ternyata kapalnya ga sekecil n se-sederhana yg gw bayangkan, walopun ngga gede” juga sih...

Gw n keluarga dapet kamar di lantai 3, which is ukurannya hanya sekitar 2x2 meter n balkonnya mengahadap langsung ke laut (duile). Didalemnya ada satu kasur di bawah, satu kasur tingkat di atas, sebuah lemari, 3 kipas angin......... ini udah ’more than I expected’ loh..... (mengingat bayangan gw sebelumnya)

intinya, malem itu gw shalat n ngiter” sebentar sbelum naik ke kasur.....

Gw n mba Diyah kebagian tidur di atas. Posisi tidur kami saling berkebalikan biar ga terlalu sempit, jadi kaki ketemu kepala gitu, ngerti ga? Pokoe kepala gw di deket jendela, n gara” kapal yg bergetar n bergoyang, tiap kali kepala gw nempel di jendela, rasanya seperti lagi menggertakan gigi padahal sebenarnya ngga......

1 comment:

Post a Comment